Pages

HKBP Prihatin Kerusakan Hutan Bonapasogit

Maraknya pengrusakan hutan dan lingkungan hidup di wilayah Tapanuli  (Bonapasogit) sudah sangat meresahkan masyarakat dan masa depan daerah itu. Menurut Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt WTP Simarmata, wacana pembentukan Propinsi Tapanuli juga diartikan sebagai langkah awal menciptakan kemandirian daerah ini yang secara langsung akan memberikan pengaruh besar bagi kehidupan warga.
“HKBP mengaku prihatin kerusakan lingkungan hidup yang terjadi, sebab firman Tuhan mengajak jemaatnya untuk selalu merawat lingkungan hidup,” ujar  Pdt WTP Simarmata yang didampingi Kabiro Humas HKBP, Pdt Bintahan Harianja kepada wartawan, Rabu (29/1).
Disebutkannya Penggundulan dan perusakan hutan di Bakkara yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab telah menyebabkan lingkungan hidup di Bonapasogit serta kehidupan masyarakat disekitarnya terancam.
“Gereja bertugas merawat bumi ini agar menjadi tempat yang nyaman. Untuk itu kita berkomitmen melestarikan alam dengan penanaman satu milyar pohon di seluruh pelayanan HKBP. Kita telah menandatangani  kerjasama dengan Kementerian Kehutanan RI medio Desember 2013 lalu, untuk penanaman kembali hutan tersebut,” katanya.
Pendeta juga menyatakan bahwa HKBP telah mendorong warga menyongsong realisasi pembentukan Protap sebagai sebuah anugrah untuk tujuan  kemandirian membangun diri sendiri. “Ini bukan soal agama, suku ataupun lainnya. Saya kira hal ini murni untuk menunjukkan peran warga Tapanuli yang mandiri,” paparnya.
Ephorus juga menegaskanterkait pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) yang segera akan berlangsung tahun ini,  dia mengimbau agar warga HKBP khususnya dan segenap warga Bonapasogit turut serta menyukseskan pesta demokrasi itu.
“HKBP bukan Partai dan tidak akan mengarahkan warganya untuk berpolitik. Namun sebagai pemimpin umat, saya imbau, pilihlah mereka yang mementingkan kehidupan bangsa dan negara,” ujarnya.
Pendeta juga menegaskan, agar jangan memilih mereka yang mementingkan diri sendiri, kelompok, atau golongannya. Serta jangan menjadi golongan putih (golput).

No comments:

Post a Comment